09
Jan

Apa itu Arsitektur?

Arsitektur adalah suatu bidang keilmuan yang membahas tentang seni membangun. Sangat banyak penjabaran tentang ilmu arsitektur. Bahkan ada beberapa arsitek mempunya definisi yang berbeda-beda tentang apa itu arsitektur. Tetapi dari semua definisi yang pernah penulis baca dan dengar, hampir semuanya merujuk kepada bagaimana caranya merencanakan sebuah bangunan yang kuat, fungsional, dan mempunyai nilai estetika.

Penulis sendiri mempunyai definisi bahwa arsitektur terdiri dari dua unsur yaitu aktifitas dan fasilitas. Karena menurut penulis, ilmu arsitektur tercipta dari pemikiran-pemikiran bagaimana caranya agar semua aktifitas yang dilakukan dapat ditunjang oleh fasilitas yang fungsional. Sebagai contoh, bagaimana caranya kita bisa membuat hunian yang bisa menunjang semua aktifitas penghuninya. Tentunya hunian atau rumah tersebut bisa disebut fasilitas. Dan penghuninya yang melakukan aktifitas.

Arsitektur juga bisa diartikan sebagai seni merancang bangunan. Para arsitek dituntut untuk mengimajinasikan sebuah rancangan yang nantinya akan menjadi produk nyata.

Arsitektur terbagi menjadi dua level atau lingkup. Yang pertama yaitu level makro yang mencakup perencanaan kota, merancang perkotaan, dan arsitektur lansekap. Level yang ke dua yaitu mikro seperti merancang bangunan, desain perabot, dan desain produk.

Seperti yang sudah penulis bahas di atas, bahwa inti dari semua itu adalah kebutuhan adanya fasilitas karena adanya aktifitas.