25
Feb

5 Langkah Mendekorasi Rumah Anda

Konsep Ruangan rumah anda dengan gaya Anda sendiri!

Apakah Anda ingin mendekorasi ruangan yang baru saja direnovasi? atau merapikan barang yang sudah usang?, furnitur, warna, dan aksesoris yang tepat akan membuat ruangan Anda terasa seperti di rumah.

Mendekorasi ruangan pada rumah sangatlah penting, karena itu akan mencerminkan karakter penghuninya. itulah sebabnya ada banyak pilihan gaya untuk dekorasi ruangan.

Cara terbaik untuk mencapai hal itu adalah melalui perencanaan yang baik, menjaga hal-hal yang fundamental dan mencari tahu konsep apa yang cocok untuk ruangan Anda.

Terkadang orang terlalu emosional dan menggebu-gebu ketika melihat acara pameran furnitur, acara renovasi bedah rumah, atau melihat aksesoris yang ada di toko. Dan mencoba untuk mengaplikasikannya pada ruangan mereka sendiri, dan sering mengakibatkan pemilihan barang yang tidak cocok dengan konsep yang sudah ada. “Desain dengan gaya lama dan barang-barang yang mudah diganti adalah pilihan yang aman.”

Mungkin anda bingung untuk memulai dari mana, dan mungkin bahkan tidak tahu cara menyelesaikannya. Disini kami akan mencoba membantu memberikan panduan kepada anda.

1. Mencari Inspirasi

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita bisa menjadi inspirasi untuk skema dekorasi. Dan apa pun dapat diterapkan ke dalam interior. Misalnya motif pada pakaian, pola pada bungkus kado, warna-warna dari alam, perabotan, atau tekstur benda-benda di sekitar.

Jika ada sesuatu yang menarik perhatian Anda dan Anda menyukainya, tambahkan itu ke dalam koleksi  inspirasi Anda, walaupun hal itu tidak ada hubungannya dengan dekorasi atau perabotan sekalipun.

Anda mungkin akan menemukan satu item yang menjadi dasar untuk mendekorasi seluruh ruangan Anda, atau mungkin hanya hal-hal kecil yang bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan “Anda” dalam bentuk dekorasi. Jangan abaikan hal-hal kecil apapun, jika Anda menyukainya dan itu “berbicara” kepada Anda, kemungkinan Anda bisa menerapkannya bagaimanapun caranya.

2. Mencari Gaya/Style dalam mendekorasi

Lihatlah semua hal yang menjadi inspirasi Anda, dan cari tahu setiap item atau gambar yang Anda sukai. Mungkin ini akan menjadi hal yang random, tetapi coba lihat lebih dalam lagi dan Anda mungkin akan menemukan hal yang sama secara berulang-ulang. Baik itu warna, gaya furnitur, pola atau tekstur.

Apakah Anda condong ke arah vintage, industrial, atau minimalis? Apakah Anda suka ruangan yang bersih tanpa ada pernak-pernik atau lebih suka dipenuhi dengan aksesoris? Apakah Anda ingin menjadi lebih kreatif jika bekerja di ruangan tersebut, atau bekerja secara efektif dan santai?

Jangan lupa buat catatan tentang hal apa pun yang terasa mengganjal. Memahami apa yang Anda suka dan tidak suka dari kumpulan inspirasi anda, akan membantu Anda untuk mengerucutkan kepada gaya dekorasi yang cocok dengan Anda.

Kumpulkan inspirasi Anda, dari mulai contoh produk, gambar, pencarian warna dan dan pola lantai, baik itu dari internet atau barang-barang yang nyata. Perbaiki hal-hal yang salah dan catat jika perlu.  Tulis beberapa kata sebagai rangkuman atas apa yang anda inginkan. Misalnya minimalis, pantai, nyaman, atau luxe, Scandi, vintage, atau minimalis, alami, klasik. Mengelompokkan beberapa kata kunci favorit akan memberi gambaran untuk memilih furnitur dan perlengkapan Anda.

3. Rencanakan Ruang Anda

Ruang terbaik adalah ruang yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Tidak peduli seberapa cantik tampilannya, jika itu tidak berfungsi untuk penghuninya, maka itu tidak dirancang dengan baik. Buat konsep yang sederhana dulu, kemudian Anda bisa mengolahnya menjadi terlihat bagus.

Cari tahu apa yang Anda butuhkan untuk tinggal di ruangan dengan nyaman. Apa yang anda inginkan dan anda butuhkan pada ruang tersebut? Apakah Anda membutuhkan bahan yang ramah terhadap anak-anak dan anti hewan peliharaan? Apa yang menurut anda mengganggu pada ruangan itu?

Buatlah rencana yang baik untuk ruangan Anda, untuk membantu Anda mengetahui dengan tepat apa yang akan Anda tempatkan di ruangan tersebut dan menghiasi ruangan tersebut.

4. Pastikan Apa Yang Harus Anda Beli

Sekarang Anda dapat melihat lebih banyak alur dekorasi yang telah Anda lakukan, sekarang saatnya untuk melihat barang-barang yang sudah Anda miliki. Apa saja yang bisa bermanfaat untuk ruangan tersebut, dan apa saja yang tidak akan bermanfaat.

Lihat kembali gambar-gambar yang menjadi inspirasi anda, ini akan berguna ketika Anda mencoba untuk mencocokkan warna, barang-barang yang baru, dan aksesoris agar menyatu dengan ruangan.

Buatlah daftar furnitur dan aksesoris yang Anda butuhkan. Agar serasi dengan barang-barang yang sudah Anda miliki serta pas dengan kategori gaya yang telah anda pilih.

Tidak perlu membeli semuanya sekaligus, ruang terbaik dibuat dan disesuaikan secara bertahap. Tetapi biasanya ada beberapa hal penting yang dibutuhkan segera karena kebutuhan akan fungsinya yang tidak bisa ditunda.

5. Terlihat Menarik Oleh Semua

Sekarang adalah bagian yang menyenangkan! Ambil papan suasana hati dan denah lantai untuk digabungkan dengan item-item yang sudah anda punya untuk menciptakan ruangan impian Anda.

Untuk membuat ruang terlihat kohesif, pertama-tama tempatkan barang yang paling besar (dan biasanya paling mahal). Lalu barang yang kecil-kecil mengikutinya.

Pilih karpet/permadani, sofa, atau tempat tidur yang cocok dengan gaya Anda. Wallpaper atau tirai dinding untuk menutupi pintu bifold besar Anda.

Pikirkan hal apa yang akan berdampak paling besar terhadap ruangan dan yang tidak. Selamat mencoba!