29
Mar

PENGERTIAN & CIRI ARSITEKTUR KONTEMPORER

Arsitektur kontemporer merupakan gaya arsitektur yang mengadopsi perkembangan jaman dan tren masa kini. Pada abad ke 21 atau sekitar tahun 1920-an gaya arsitektur kontemporer mulai dikembangkan oleh para arsitek dari Bauhaus School of Desain di Jerman, yang mencoba untuk merespon kemajuan teknologi dan perubahan sosial masyarakat akibat perang dunia.

Selanjutnya kisaran tahun 1940 sampai 1980-an gaya kontemporer dalam seni bangunan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan tersebut tak luput dari tujuan awal lahirnya gaya kontemporer, yaitu untuk membuat desain yang masa kini dan tidak terpengaruh oleh aturan-aturan masa lalu. Dengan demikian gaya kontemporer cenderung terus berevolusi mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi.

Seiring berjalannya waktu, gaya desain kontemporer semakin menampilkan hal yang baru, segar, dan berbeda. Dan hal tersebut yang sering disalah artikan dengan menyamakan antara arsitektur kontemporer dan modern. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Beberapa perbedaan antara arsitektur kontemporer dan modern.

  • Arsitektur Kontemporer
  1. Mengacu pada perkembangan teknologi saat ini dan masa depan
  2. Tidak terikat suatu era atau jaman dan dinamis
  3. Tidak terikat aturan-aturan di masa lalu dan terus berevolusi dan berkembang
  4. Tidak terbatas pada suatu gaya, dan bisa mengadopsi beberapa gaya arsitektur.
  • Arsitektur Modern
  1. Bertemakan modernis pada awal sampai pertengahan abad ke 20
  2. Statis dan berkembang pada masa pre-industrial
  3. Terikat dengan aturan-aturan lama dan dibuat sesuai era nya saja
  4. Lekat dengan gaya tradisional

Ciri-ciri arsitektur kontemporer

Gaya arsitektur kontemporer terbentuk dari banyak ragam gaya yang mempengaruhi. Anda bisa berkreasi untuk membuat desain kontemporer dengan mengadopsi beberapa gaya arsitektur seperti modern, minimalis, futuristik, eklektik, hingga natura. Tetapi pastikan anda memasukan unsur-unsur yang menjadi ciri khas arsitektur kontemporer.

Ada beberapa cirikhas yang bisa anda lihat pada gaya arsitektur kontemporer, diantaranya:

1. Bentuk Atap

Anda akan melihat bentuk atap yang tidak biasa pada desain kontemporer. Jika bangunan pada umumnya menggunakan bentuk atap perisai, plana, jurei dan lain-lain, maka pada desain kontemporer biasanya menggunakan bentuk atap datar atau bahkan melengkung dengan bentuk yang dinamis.

2. Pencahayaan Alami yang Maksimal

Bukaan jendela dengan ukuran besar dan banyak akan menangkap cahaya langit dengan maksimal.

3. Ruang Terbuka dan Mengalir

Pada gaya kontemporer hubungan antar ruang akan terasa menjadi satu dengan minimalnya sekat atau dinding pemisah. Sehingga sirkulasi udara pun akan mengalir dengan baik.

4. Material Anti Mainstream

Tidak ada material khusus yang menjadi acuan gaya kontemporer. Eksplorasi material sering dilakukan oleh para perancang untuk menciptakan visual yang dinamis.

5. Sangat memperhatikan Aspek Lingkungan

Desain dan penggunaan material yang ramah lingkungan untuk menciptakan bangunan yang ergonomis ekologis sehingga antara bangunan dan alam sekitar bisa terintegrasi dengan baik.

Bagi anda yang mempunyai jiwa yang dinamis dan suka hal-hal yang baru, anda bisa menerapkan gaya arsitektur kontemporer pada hunian atau bangunan anda. Anda bisa mengadopsi hal-hal yang kekinian sesuai dengan selera anda. Tidak ada patokan dan aturan yang baku pada arsitektur kontemporer. Anda bisa bereksplorasi menurut selera anda sendiri.